Mengenal Apa Saja Fungsi dari Kemasan Produk Ramah Lingkungan

Seiring dengan meningkatnya perhatian terhadap isu lingkungan, kemasan ramah lingkungan semakin populer sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan plastik. Meskipun fungsi kemasan produk tetap tidak berubah, namun, tahukah Anda bagaimana konsep kemasan eco-friendly itu?

Bagaimana sebenarnya kemasan tersebut dapat memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan lingkungan? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu Kemasan Eco-Friendly?

Secara bentuk, kemasan produk ramah lingkungan memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kemasan sebelumnya. Hanya saja, kemasan eco-friendly adalah packaging yang didesain sedemikian rupa agar tidak menciptakan dampak negatif pada lingkungan.

Mulai dari durasi penguraian lebih cepat, penguraiannya lebih mudah, hingga tidak menghasilkan zat-zat berbahaya yang bisa membahayakan lingkungan dan manusia. Saat ini, hampir semua produk apapun beralih ke packaging eco-friendly, karena dinilai lebih membawa banyak manfaat.

Fungsi Kemasan Produk Ramah Lingkungan

Fungsi kemasan produk ramah lingkungan memang sama dengan kemasan produk pada umumnya. Namun, lebih daripada itu, masyarakat mengatakan bahwa merek dengan kemasan eco-friendly memiliki nilai yang lebih tinggi daripada kemasan biasa.

Nah, berikut fungsi atau keunggulan dari kemasan yang ramah lingkungan.

1. Meningkatkan Citra Bisnis

Fungsi kemasan produk ramah lingkungan pertama adalah merek dapat membangun citra bisnis yang lebih baik. Hal ini karena kemasan yang digunakan tidak hanya bertanggung jawab terhadap produk dan konsumennya, tetapi juga terhadap limbah yang dihasilkan melalui penggunaan kemasan yang mendukung keberlanjutan lingkungan.

2. Memperkuat Branding

Dalam dunia bisnis, belum tentu semua perusahaan mau bertanggung jawab terhadap limbah yang mereka hasilkan. Padahal, ketika mereka mengambil kepedulian terhadap hal itu dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan, bisa menjadi jalan branding dan kampanye merek yang mereka miliki.

3. Baik Untuk Kesehatan

Selain aman untuk lingkungan, packaging eco-friendly itu juga sudah melalui serangkaian tes laboratorium terpercaya, sehingga bisa dipastikan aman dan baik untuk kesehatan. Bahkan ketika kemasan tersebut bersentuhan dengan makanan, minuman atau kosmetik.

4. Tahan Lama dan Tidak Mudah Bocor

Meskipun dinilai ramah lingkungan, bukan berarti kemasan tersebut memiliki ketahanan yang rendah disbanding packaging biasa. Padahal, ada banyak sekali supplier di pasaran yang menawarkan packaging eco-friendly yang tahan lama dan tidak mudah bocor.

Demikianlah gambaran singkat terkait kemasan ramah lingkungan dan fungsi pentingnya dalam konteks keberlanjutan lingkungan. Kemasan eco-friendly tidak hanya menjadi tren, melainkan sebuah solusi untuk mengatasi masalah limbah sampah dan dampak negatif terhadap lingkungan.

Untuk itu, Anda sebagai produsen perlu menggunakan kemasan seperti ini dengan memulai bekerja sama bersama supplier seperti DermaPACK. Kami telah dipercaya sebagai penyedia packaging terdepan di Indonesia dengan fungsi kemasan produk terbaik.

Kunjungi website resmi DermaPACK  untuk dapat melihat berbagai produk kami yang telah digunakan oleh berbagai merek.

Recommended Posts