Ini Rahasia Psikologi di Balik Desain Kemasan, Yuk Simak!

Coba diingat-ingat, seberapa sering Anda memutuskan untuk membeli suatu produk hanya karena tertarik pada kemasannya? Anda tidak sendirian, karena ribuan orang diluar sana juga pernah mengalami hal yang sama, membeli karena tertarik dengan desain kemasan produk.

Bagaimana orang tertarik untuk membeli suatu produk? Tentu karena mempertimbangkan kualitas produk. Tapi, tahukah Anda, kemasan juga seringkali menjadi faktor penyebab konsumen membeli suatu produk. Tapi, bagaimana bisa visualisasi kemasan bisa berpengaruh pada psikologis konsumen untuk membeli produk? Penjelasannya bisa disimak berikut ini.

Bagaimana Desain Kemasan Mempengaruhi Psikologis Konsumen?

Kini banyak produsen berlomba-lomba menciptakan kemasan produk yang menarik juga trendy. Hal ini karena kemasan yang menarik bisa meningkatkan penjualan produk karena akan lebih dilirik oleh calon konsumen. Bagaimana bisa?

1. Membuat Visualisasi Lebih Menarik

Kemasan atau bungkus suatu produk bisa menarik orang secara visual. Misalnya desain kemasan yang full color akan lebih mudah ditemukan di rak-rak supermarket karena tampilan yang menonjol. Visualisasi lebih mudah disimpan dalam otak dan diingat oleh konsumen.

Dalam waktu yang cukup panjang, visualisasi yang tersimpan dalam otak konsumen merubahnya menjadi pelanggan yang loyal. Konsumen akan mengidentifikasi warna, bentuk maupun obyek yang serupa dengan merek yang mereka ingat.

2. Menjadi Penanda dan Identitas

Fungsi kemasan salah satunya yaitu menjadi penanda serta identitas dari suatu produk dan merek. Ingatan yang telah melekat atas suatu produk dan merek akan membuat konsumen sulit berpaling dan berpindah pada brand lainnya.

Kemasan yang dibuat dengan desain yang memiliki ciri khas tertentu secara konsisten akan menjadi identitas merek. Identitas inilah yang kemudian akan membedakannya dengan merek dan produk sejenis milik kompetitor. Identitas produk juga memudahkan konsumen untuk mengenalinya.

3. Meningkatkan Citra Produk

Desain kemasan yang unik menjadi ciri khas suatu produk dapat berpengaruh pada citra merek. Tentu saja yang dimaksud adalah citra yang positif sehingga dapat menumbuhkan keyakinan orang untuk selalu membelinya.

Citra produk yang sudah terbentuk positif di benak konsumen memberikan efek besar pada penjualan. Jika citra positif tersebut dipertahankan secara konsisten maka bukan saja meningkatkan penjualan tetapi juga membentuk loyalitas pada konsumen.

Jadi, bisa dikatakan desain kemasan bisa membuat produk memiliki peluang lebih besar untuk menarik perhatian konsumen. Kemasan yang menarik dan berkualitas tentunya membentuk citra positif pada konsumen dan meningkatkan minat beli. 

DermaPACK hadir sebagai mitra bisnis yang dapat membantu Anda menciptakan kemasan, membantu produk Anda bersaing di pasar dengan daya tarik visual yang kuat. Kami menyediakan solusi kemasan untuk berbagai produk, mulai dari skincare, kosmetik, hingga farmasi yang memenuhi standar keamanan dan fungsionalitas.Silahkan hubungi kami untuk mengkonsultasikan kebutuhan kemasan produk Anda.

Recommended Posts