Ini Dia Fungsi dari Kemasan untuk Produk Farmasi

Setiap kemasan memiliki peran penting yang berbeda-beda untuk setiap produk. Seperti hal nya fungsi kemasan produk elektronik berbeda dengan kemasan untuk obat. Kemasan dalam industri farmasi yang seringkali diabaikan, namun memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kualitas, keamanan, dan efektivitas produk.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan dalam bidang farmasi, desain kemasan telah menjadi bagian krusial dari strategi pengemasan produk. Hal itu karena kemasan untuk produk farmasi memiliki berbagai fungsi. Apa saja fungsi-fungsinya itu?

Fungsi Kemasan Produk di Bidang Farmasi

Begitu juga di bidang farmasi, kemasan produk memiliki peran yang sangat penting. Sebab jika kemasan tidak baik dengan tepat, bisa membahayakan konsumen yang menggunakan atau membahayakan orang-orang yang menangani selama proses distribusi. Untuk itu, berikut beberapa fungsi dari kemasan tersebut.

1. Melindungi dari Kerusakan Fisik

Fungsi utama sebuah kemasan adalah melindungi produk dari kerusakan fisik. Sebab, obat-obatan yang hancur, pecah, maupun tumpah sudah tidak bisa digunakan lagi oleh pasien atau konsumen. 

Kerusakan obat sendiri tentu bisa terjadi karena beberapa faktor.  Kecelakaan ketika melakukan proses distribusi, tertimbun, terinjak, penataan yang tidak sesuai standar, hingga ada unsur kesengajaan. Oleh karena itu, kemasan untuk produk-produk farmasi harus memiliki ketahanan yang kuat.

2. Mencegah Perubahan Kimia

Selain itu, fungsi kemasan produk farmasi juga untuk mencegah perubahan kimia yang bisa sewaktu-waktu terjadi pada produk farmasi. Mengingat, perubahan itu rentan terjadi karena paparan sinar matahari maupun udara. 

Produk-produk farmasi yang telah mengalami perubahan kimia seperti dari padat menjadi cair atau dari cair menjadi kental, sudah bisa dinilai gagal menjalankan fungsinya atau tidak manjur lagi. Maka dari itu, dalam sebuah kemasan biasanya tertulis cara penyimpanan produk juga.

3. Memberikan Informasi Produk

Fungsi kemasan produk juga memberikan informasi melalui labelling di bagian kemasan. Dengan begitu, konsumen bisa mengetahui lebih dalam mengenai produk yang akan mereka konsumsi. Mulai dari kandungan di dalam produk, cara konsumsi, cara penyimpanan, tanggal kadaluwarsa, dosis, dan peringatan-peringatan.

Dengan begitu, konsumen tidak akan salah menggunakan produk-produk farmasi. Mereka juga bisa menghindari obat-obatan tertentu ketika memiliki sebuah allergen yang bisa membahayakan apabila meminum obat tersebut.

4. Melindungi dari Anak-Anak

Ketika menyimpan obat-obatan atau produk farmasi lainnya, anak-anak perlu menjadi pusat kewaspadaan orang tua. Sebab mereka bisa tiba-tiba meminum obat-obatan yang menurut mereka warna atau bentuknya menarik. 

Hal ini tentu akan berbahaya apabila obat yang mereka minum tidak diperuntukkan bagi usia mereka. Maka dari itu, pihak perusahaan semaksimal mungkin memilih jenis kemasan yang memiliki ketahanan tinggi agar tidak bisa dijangkau oleh anak-anak.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa fungsi kemasan produk sangat krusial dalam industri farmasi, lebih dari sekadar alat pemasaran yang menarik konsumen atau identitas merek. 

Anda para pelaku industri farmasi dapat terus berinovasi untuk menciptakan solusi kemasan yang lebih efektif dan ramah lingkungan. Untuk itu, menjalin kemitraan bersama DermaPACK, penyedia solusi kemasan dapat mendukung visi tersebut. DermaPACK akan membantu Anda untuk menghadirkan produk farmasi dengan kemasan yang memenuhi standar keamanan dan perlindungan.Silahkan hubungi kami, untuk mengkonsultasikan lebih lanjut terkait kebutuhan kemasan produk Anda.

Recommended Posts