Ternyata Ini Untungnya Kemasan Ramah Lingkungan untuk Bisnis!

Kenapa sebaiknya  menggunakan kemasan ramah lingkungan sebagai wadah produk? Menggunakan packaging jenis ini untuk produk memiliki keuntungan yang lebih besar daripada sekadar kemasan konvensional. Selain memberikan perlindungan terhadap produk, kemasan juga berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan alam.

Dengan memilih kemasan eco-friendly ini, Anda turut berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan. Tak hanya itu, Anda juga dapat meningkatkan citra bisnis di mata konsumen yang semakin sadar akan pentingnya keberlanjutan dan lingkungan. Bagaimana bisa? Nah, untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas dampak positif atau keuntungan apa saja yang akan didapat dengan menggunakan kemasan yang ramah akan lingkungan.

Keuntungan Menggunakan Kemasan Ramah Lingkungan untuk Bisnis

Kemasan produk memang ada berbagai jenis dan dibuat dari beragam material, seperti kaca, kertas dan plastik. Mana yang paling bagus diantara semua material tersebut? Dengan segala keunggulan dan kekurangannya, sebaiknya packaging ramah lingkungan yang menjadi pilihan utama.

Di tengah isu bahaya pemanasan global, pemilihan bungkus yang ramah lingkungan dapat memberikan manfaat, yaitu:

1. Hemat Biaya

Kemasan ramah lingkungan atau istilahnya eco-friendly pada umumnya terbuat dari kertas atau kardus, Polyethylene Terephthalate, berbagai jenis material lainnya. Dari sisi biaya, bahan-bahan ini cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan plastik, apalagi kaca. Dengan kata lain, ongkos produksi akan menjadi lebih hemat dan efisien.

2. Bisa Didaur Ulang

Salah satu masalah terbesar pada kemasan sekali pakai yaitu menumpuknya sampah. Hitung saja berapa jumlah sampah akan bertambah setiap harinya kalau semua orang memakai pembungkus plastik misalnya lalu membuangnya begitu saja.

Beda halnya dengan jenis kemasan yang ramah terhadap lingkungan. Kemasan jenis ini memiliki keunggulan yaitu bisa didaur ulang, sehingga tidak menghasilkan sampah yang dapat mencemari lingkungan.

3. Mengurangi Karbon

Packaging yang dapat didaur ulang memberikan manfaat yaitu mengurangi jumlah karbon di udara. Bahan yang bisa didaur ulang tidak membutuhkan konsumsi sumber daya yang besar seperti pembakaran. Dari proses pembakaran inilah dapat menimbulkan polutan berupa karbondioksida.

4. Meningkatkan Citra Produk

Penggunaan kemasan ramah lingkungan secara tidak langsung dapat meningkatkan image produk di mata konsumen. Calon konsumen menjadi lebih yakin untuk membeli karena merasa bahwa Anda tidak hanya semata-mata mengejar keuntungan saja tetapi juga peduli terhadap lingkungan.

5. Aman bagi Kesehatan

Kemasan eco-friendly yang pada umumnya tidak menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan. Berbeda dengan kemasan yang mengandung bahan kimia, yang mungkin saja bisa mendatangkan masalah bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Plastik mengandung BPA yang bisa bersifat karsinogen dan memicu penyakit kanker. Selain itu, cemaran sampah plastik di dalam tanah dapat menurunkan kualitas air bumi, yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Jadi, selain ikut serta menjaga alam, penggunaan kemasan ramah lingkungan juga bisa meningkatkan image dan citra yang baik pada konsumen. Untuk itu juga, DermaPACKhadir sebagai mitra yang mendukung banyak perusahaan dalam merangkul keberlanjutan.

DermaPACK menawarkan solusi kemasan ramah lingkungan yang inovatif. Dengan berbagai opsi kemasan berkualitas tinggi, kami berkomitmen untuk memberikan solusi kemasan berkelanjutan yang tidak hanya mendukung alam, tetapi juga memperkuat citra positif bisnis Anda di mata konsumen.

Recommended Posts