Tips Memilih Desain Kemasan yang Tepat untuk Produk Skincare

Upaya meningkatkan daya tarik dan loyalitas konsumen, bukan hanya ditempuh dengan memperhatikan kandungan produk skincare saja. Perusahaan juga perlu memperhatikan desain kemasan skincare mereka. Karna pada dasarnya kemasan bukan hanya sekadar wadah untuk produk, tapi juga menjadi elemen penting yang menentukan kesuksesan pemasaran produk tersebut.

Packaging yang tepat bisa menciptakan daya tarik visual yang kuat, memikat konsumen, dan membantu produk bersaing di pasar yang semakin ketat. Oleh karena itu, memilih desain kemasan memerlukan pemahaman tentang karakteristik pasar target dan selera konsumen. Untuk lebih memudahkan Anda, berikut kami berikan tips-tipsnya.

7 Tips Memilih Desain Kemasan untuk Produk Skincare

Bagaimana caranya agar packaging yang digunakan bisa tepat? Untuk bisa memilih desain packaging untuk produk perawatan kulit yang pas, perusahaan bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini.

1. Kenali Target Konsumen

Langkah pertama yakni mengenali target konsumen atau target pasar yang akan dituju. Selain umur yang menjadi indikator, kelas sosial juga bisa menjadi salah satu cara agar desain packaging yang dibuat sesuai dengan target konsumen perusahaan.

2. Tentukan Jenis Kemasan Produk

Setelah itu, dalam memilih desain kemasan skincare yang tepat, Anda juga harus menentukan jenis kemasan produk yang akan dipakai. Jenis kemasan produk perawatan kulit meliputi tube, small pots, botol transparan, pump, botol kaca dengan dropper atau pipet, botol spray, hingga kemasan plastik. Semua jenis packaging ini bisa disesuaikan dengan karakteristik produk.

3. Tentukan Ukuran Kemasan Produk

Sebelum membuat desain, perusahaan juga perlu menentukan ukuran kemasan yang akan diproduksi. Umumnya, merek skincare menyediakan dua hingga tiga ukuran sebagai opsi yang bisa dipilih konsumen.

4. Tentukan Gaya Kemasan Produk

Baru kemudian, Anda bisa beralih ke tahap desain. Sebelum menata elemen-elemen yang akan disematkan di permukaannya, tentukan konsep atau gaya yang akan diusung pada packaging. Mulai dari warna dasar, gambar, dan bagaimana perusahaan bercerita mengenai produk pada kemasan.

5. Buat Daftar Informasi Produk

Informasi mengenai produk juga tidak boleh ketinggalan. Baik itu komposisi atau kandungan produk, izin BPOM, cara penggunaan, cara penyimpanan, dan kekhususan produk. Apakah diperuntukkan bagi kulit normal, berminyak, sensitif, atau kering.

6. Pilih Warna yang Sesuai

Pemilihan warna tidak boleh dipilih acak atau asal dalam desain kemasan skincare. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan produk atau ciri khas merek. Setiap warna memiliki arti, kekuatan, suasana, dan nuansa tersendiri untuk setiap produk.

7. Pilih Jenis Font yang Sesuai

Tahap terakhir adalah memilih jenis font yang akan digunakan. Perlu diketahui, bahwa penulisan informasi dalam label skincare harus menggunakan tulisan yang jelas dan menggunakan huruf latin. Apabila ada keterangan berbahasa asing, bisa disertakan terjemahan dalam Bahasa Indonesia.

Jadi, itulah tips-tips praktis yang bisa Anda terapkan dalam memilih desain kemasan untuk produk skincare. Pemilihan dan perencanaan desain kemasan skincare tentu tidak bisa dituntaskan dalam hitungan hari saja. Ada trial error yang harus dilalui. Namun, Anda bisa mempersingkat hal itu dengan bekerja sama bersama DermaPACK.

DermaPACK berkomitmen untuk memberikan solusi kemasan terbaik yang sesuai dengan karakteristik produk Anda. Kami juga akan memastikan produk Anda tampil menarik, aman, dan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi konsumen.

Kunjungi website resmi DermaPACK untuk mendapat informasi terkait layanan dan berbagai solusi kemasan produk skincare!

Recommended Posts