Kemasan Tube untuk Produk Medis dan Farmasi? Apakah Bisa?

Dalam era perkembangan teknologi dan inovasi yang pesat, kemasan produk menjadi aspek penting, terutama dalam industri medis dan farmasi. Salah satu jenis kemasan yang semakin mendapatkan perhatian adalah kemasan tube.

Kemasan ini tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk produk, tetapi juga memiliki peran khusus dalam menjaga keamanan, kebersihan, dan efektivitas suatu produk medis atau farmasi. Namun, sejauh mana kemasan ini dimanfaatkan untuk produk medis dan farmasi?

Penggunaan Kemasan Tube dalam Industri Farmasi

Keunggulan tube sebagai packaging diantaranya memberikan kenyamanan, aman, mudah dan praktis digunakan. Tube sangat tepat digunakan sebagai packaging produk yang teksturnya cukup kental, supaya lebih mudah mengatur banyaknya produk yang dikeluarkan lalu langsung ditutup lagi.

Produk farmasi adalah berbagai jenis obat-obatan, obat tradisional, bahan-bahan obat serta kosmetika. Mengacu pada definisi tersebut, maka packaging tube pada umumnya digunakan untuk wadah beberapa produk farmasi, diantaranya yaitu:

1. Salep

Produk farmasi yang dikemas dalam kemasan tube dan paling mudah ditemukan adalah salep. Jenis dan merk salep ada bermacam-macam dengan berbagai kegunaan. Contohnya, salep gatal, salep anti inflamasi, salep luka dan sebagainya.

Tube tersedia dalam berbagai ukuran, mulai yang kecil hingga yang besar, tergantung pada pilihan produsen. Biasanya tube dibuat dari bahan plastik, tapi ada juga yang menggunakan material kertas, yang disebut sebagai paper tube.

2. Krim Obat

Selain salep, packaging tube juga sering dipakai sebagai kemasan produk-produk berupa krim. Contoh produk farmasi berbentuk krim misalnya obat gosok, krim pijat, krim obat penghangat badan pada balita dan lain-lain. Disamping berbentuk krim, produk farmasi juga memakainya untuk produk berupa gel.

3. Kosmetika Obat

Bagi yang senang melakukan perawatan wajah di klinik-klinik kecantikan biasanya juga akan mendapatkan produk dalam kemasan tube. Sebut saja misalnya obat jerawat, peeling wajah dan lotion obat kulit dan masih banyak lagi.

Demikian, bisa disimpulkan bahwa produk sediaan farmasi hadir dalam tiga bentuk utama, yakni cair, semi padat, dan solid atau tablet. Kemasan tube menjadi pilihan ideal, terutama pada jenis produk yang berbentuk semi padat, seperti krim, lotion, gel, dan salep. Kepraktisan produk dalam kemasan ini sangat mudah ditemukan oleh konsumen, baik di apotek maupun toko obat.

Jika Anda membutuhkan pasokan kemasan untuk prouk farmasi ini, Dermapack hadir sebagai solusi terpercaya untuk memenuhinya. Dengan pengalaman dan komitmen dalam menyediakan kemasan berkualitas tinggi, Dermapack tidak hanya menyediakan produk yang sesuai standar, tetapi juga menawarkan beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan karakteristik khusus dari setiap produk farmasi. 

Dengan DermaPACK, produk farmasi Anda akan mendapatkan perlindungan optimal dan tampil dengan profesional di pasaran!

Recommended Posts