Kemasan Skincare Kaca vs. Plastik, Manakah yang Lebih Baik?

Di pasaran, kemasan skincare dibuat dengan beragam bentuk. Bukan hanya dinilai dari segi keindahan, tetapi juga fungsinya. Kemasan harus bisa melindungi produk dari zat dari luar yang dapat merusak konsentrasi produk. Kualitas packaging ini menjadi semakin penting seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga produk perawatan kulit agar tetap efektif.

Dari sekian banyak bentuk kemasan, ada dua jenis bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatannya yaitu kaca dan plastik. Lalu, mana yang paling bagus antara keduanya? Cari tahu jawabannya di sini, karena pilihan packaging bisa memengaruhi kualitas dan daya tahan produk skincare yang Anda gunakan.

Karakteristik Kemasan Skincare Kaca dan Plastik 

Tentu saja, berbeda bahan akan memiliki karakteristik yang berbeda pula. Agar Anda tidak merasa bingung dalam memilih antara kemasan yang terbuat dari kaca atau plastik, simak pembahasan di bawah ini.

1. Kemasan Plastik 

Sesuai penamaannya, kemasan plastik terbuat dari bijih plastik yang kemudian dibuat dengan beragam ukuran dan bentuk. Pada sektor kemasan skincare, plastik yang digunakan berupa High-Density Polyethylene (HDPE), Polyethylene Terephthalate (PET), dan Polypropylene (PP).  

Ada beberapa alasan mengapa plastik sering digunakan untuk mengemas produk perawatan kulit. Hal ini berkaitan dengan karakteristiknya, yaitu:

  • Kemasan plastik berbobot ringan, kedap udara, dan air sehingga zat dari luar sulit masuk.
  • Bahan plastik tidak akan bereaksi dengan kandungan-kandungan yang terdapat dalam skincare.
  • Harga kemasan plastik cenderung lebih murah meskipun memiliki banyak keunggulan.
  • Bahan plastik tidak akan mengalami korosi meskipun bersinggungan langsung dengan zat cair.
  • Praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

2. Kemasan Kaca

Bukan hanya digunakan untuk mengemas sirup, kemasan kaca juga digunakan untuk mengemas skincare. Sebagai bahan pembanding, ketahui berbagai karakteristiknya di bawah ini:

  • Bahan kaca cenderung tahan terhadap korosi, tidak seperti besi ataupun jenis logam lain.
  • Tidak membentuk reaksi baru terhadap kandungan kosmetik sehingga konsentrasi kandungan sekaligus manfaat produk tidak berubah.
  • Kemasan skincare tidak mudah bocor, kedap air, dan kedap udara.
  • Tahan dengan benda-benda tajam, jadi meski tertusuk paku atau jarum kemasan tidak akan mengalami kebocoran.

Ketika harus membuat keputusan antara kemasan kaca dan plastik, pilihan sebenarnya sangat tergantung pada berbagai faktor. Anda perlu mempertimbangkan konsentrasi produk, ketahanan terhadap sinar matahari, dan aspek ekonomisnya. 

Jika menginginkan kemasan yang elegan dan tahan terhadap risiko kerusakan fisik, kemasan kaca mungkin menjadi pilihan terbaik. Namun, jika anggaran merupakan faktor utama, kemasan plastik dapat menjadi pilihan yang lebih hemat.

Saat Anda telah menemukan jawaban yang tepat untuk kemasan produk Anda, langkah selanjutnya adalah memilih supplier yang dapat diandalkan. DermaPACk, sebagai penyedia solusi bahan kemasan terdepan, siap memberikan dukungan yang Anda butuhkan.

Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan produk berupa kemasan skincare berkualitas tinggi demi memastikan produk Anda terlindungi dengan baik dan tampil maksimal. Pilih DermaPACK dan jadikan produk Anda tidak hanya terlindungi dengan baik, tetapi juga tampil memikat, serta memberikan kesan!

Recommended Posts