Desain dan Material Packaging Kosmetik ini Sedang Tren Lho!

Permasalahan limbah sampah, terutama dari kemasan produk, semakin menjadi sorotan dalam isu lingkungan saat ini. Isu tersebut menjadi gawat karena banyak produk yang menggunakan bahan yang ramah lingkungan, baik itu packaging kosmetik, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Padahal, ada banyak sekali material kemasan ramah lingkungan yang saat ini bisa digunakan. Dari segi tampilan pun tak kalah menarik dengan kemasan pada umumnya. Tak hanya itu, sejumlah distributor juga menawarkan layanan custom kemasan, memberikan peluang bagi pemilik bisnis untuk turut serta dalam perubahan positif ini. Sebagai contoh, berikut ini adalah desain kemasan dan bahan atau material yang dapat dijadikan inspirasi.

Desain Kemasan Kosmetik Kekinian

Saat ini, ide mengenai desain kemasan kosmetik atau untuk produk lainnya bisa didapatkan dengan mudah. Perkembangan teknologi yang semakin maju memungkinkan siapapun bisa mengaksesnya secara gratis. Berikut beberapa ide desain kemasan kekinian untuk produk kosmetik.

1. Bentuk Asimetris

Bentuk asimetris bisa menjadi salah satu ide menarik untuk packaging kosmetik. Perusahaan bisa mengkombinasikan bentuk persegi dan lengkung di beberapa sisinya hingga menggunakan bentuk segitiga. Umumnya, bentuk ini dapat diimplementasikan pada packaging dengan material kardus.

2. Visible Packaging

Selain itu, perusahaan juga bisa membuat kemasan visible packaging. Artinya, konsumen bisa melihat bagian dalam dari produk yang ditawarkan melalui celah transparan. Dengan begitu, hal ini bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. 

3. Kotak Multifungsi

Baru-baru ini, kotak multifungsi juga banyak disukai oleh konsumen. Mengingat, kotak ini bisa digunakan kembali untuk membungkus paket, menyimpan barang, dan sejenisnya ketika sudah tidak terpakai. Dengan begitu, kotak-kotak kosmetik yang mereka beli tidak akan menjadi sampah.

4. Pouch 

Pouch juga menjadi salah satu yang paling popular untuk packaging kosmetik. Konsumen banyak yang menyukai kemasan ini karena mereka bisa menggunakannya untuk keperluan lain. Mulai dari tempat make up, mukenah, alat tulis, peralatan mandi, dan lain sebagainya.

Material Packaging Kosmetik Ramah Lingkungan

Selain dari sisi desain, penting bagi pemilik bisnis kosmetik untuk menggunakan material ramah lingkungan guna mengurangi limbah sampah yang ada. Kesadaran akan isu lingkungan yang gencar disuarakan saat ini, meningkatkan pilihan kemasan ramah lingkungan di pasaran.

1. Paper Bag (Tas Kertas)

Salah satunya adalah paper bag atau tas kertas. Material ini bisa digunakan oleh perusahaan untuk menggantikan tas plastik atau kresek sebagai kemasan terluar dari sebuah produk. Sama seperti tas plastik, paper bag juga diproduksi dalam berbagai ukuran yang bervariasi.

2. Kardus

Untuk memberikan keamanan ekstra pada kosmetik, kardus menjadi pilihan yang tepat untuk kemasan luar produk kosmetik Anda. Kelebihannya yang mudah diatur, memungkinkan produk kosmetik bisa berdiri dengan aman dan tidak tumpah ke luar kemasan utama.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya kemasan ramah lingkungan, tren desain dan material packaging kosmetik diatas memberikan harapan baru bagi industri ini. Oleh karena itu, para pemilik bisnis diharapkan dapat terus mengadopsi ide-ide ini untuk menciptakan dampak positif jangka panjang. 

Untuk mendukung peralihan ke arah kemasan berkelanjutan tersbeut, DermaPACK hadir sebagai mitra yang inovatif. Sebagai perusahaan penyedia kemasan terkemuka, DermaPACK tidak hanya menawarkan berbagai material kemasan ramah lingkungan, tetapi juga menghadirkan desain-desain yang mengagumkan. Juga melalui layanan custom kemasan, kami siap membantu menciptakan identitas unik untuk produk kosmetik Anda.

Temukan lebih banyak tentang layanan custom kemasan DermaPACK dan dukungan untuk keberlanjutan dari sini!

Recommended Posts