Bagaimana Desain Kemasan Skincare Meningkatkan Penjualan?

Dalam bisnis kosmetik, peningkatan penjualan tidak hanya bisa ditempuh dari satu jalur. Ada sejumlah upaya yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal itu. Salah satunya melalui desain kemasan skincare yang terencana dengan baik, memikat, dan bisa mengirimkan nilai-nilai kepada konsumen.

Melalui hal itu, produk skincare tidak hanya menjadi lebih menonjol di rak-rak toko, tetapi juga mampu menjalin komunikasi visual yang kuat dengan calon pembeli. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas poin-poin penting yang menggambarkan bagaimana sebuah desain packaging bisa mempengaruhi penjualan produk.

Cara Desain Kemasan Membantu Meningkatkan Penjualan Produk Skincare

Merencanakan sebuah desain tidak semudah memilih warna cat dinding rumah. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis agar kemasan produk juga memiliki kekuatan yang besar untuk bisnis mereka. Sebab, desain kemasan memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan penjualan, seperti berikut:

1. Melalui Identitas Merek dalam Desain

Desain kemasan adalah representasi dari produk, merek, dan perusahaan. Melalui pemilihan warna, gaya, hingga elemen visual, kemasan bisa menunjukkan identitas merek kepada konsumen. Hal inilah yang kemudian akan memunculkan kepercayaan konsumen secara perlahan.

2. Melalui Perpaduan Berbagai Elemen

Elemen-elemen yang dipilih dalam desain kemasan skincare, harus mampu berpadu menjadi satu dan mengirimkan pesan kepada konsumen tentang produk yang mereka tawarkan. Selain bertujuan agar tampilan kemasan lebih eye catching, hal ini dilakukan untuk memunculkan daya tarik konsumen.

3. Menonjolkan Ciri Khas

Meskipun menjual jenis produk yang sama dengan merek lain, perusahaan bisa menciptakan pembeda untuk menunjukkan bahwa produk yang ditawarkan memiliki perbedaan dengan produk lain yang sejenis. Hal ini bisa dilakukan melalui penciptaan ciri khas.

Bisa melalui font yang digunakan dalam kemasan, warna kemasan, penataan informasi produk, bentuk kemasan produk, dan lain sebagainya. Dengan begitu, konsumen bisa lebih mudah mengenali produk Anda meskipun dilihat dari jauh.

4. Menunjukkan Nilai Produk

Sebagai barisan depan yang akan bertemu dengan konsumen pertama kali, kemasan perlu didesain sedemikian rupa agar dapat menunjukkan nilai produk kepada konsumen. Penyampaian nilai-nilai itu bisa diwujudkan melalui beberapa cara. Mulai dari kualitas produk, bahan-bahan yang digunakan, manfaat produk, hingga detail-detail kecil yang dimiliki produk. Pastikan semua hal tersebut bisa dibaca dan dipahami dengan mudah dalam desain kemasan skincare agar konsumen bisa menangkap nilainya secara langsung.

5. Melalui Informasi yang Tertera

Dalam desain kemasan, informasi menjadi bagian yang cukup penting bagi konsumen. Oleh karena itu, penataannya pun harus diperhatikan. Baik itu kandungan produk, cara penggunaan, cara penyimpanan, tanggal kadaluarsa, hologram keaslian, dan lain sebagainya.

Jadi, peran kemasan yang juga menjadi bagian penting dari penjualan, tentu tidak boleh dilupakan. Kualitas produk dan desain kemasan skincare saling melengkapi, menjadi faktor penentu keberlanjutan suatu bisnis.

Untuk memastikan bahwa produk skincare Anda tidak hanya bermutu tinggi tetapi juga memiliki daya tarik yang unggul, serahkanlah urusan kemasan kepada para ahli DermaPACK. Kami telah menjadi mitra terpercaya bagi banyak produk terkemuka selama belasan tahun, baik di Indonesia maupun negara di Asia Tenggara lainnya.

Temukan berbagai solusi kemasan produk Anda di DermaPACK hari ini juga!

Recommended Posts