Manfaat Penggunaan Kemasan Sekali Pakai untuk Produk Farmasi

Kemasan sekali pakai, atau yang juga dikenal sebagai packaging disposable tetap banyak digunakan hingga sekarang, meskipun sebaiknya kita mulai mengurangi penggunaannya. Kemasan disposable sering digunakan untuk mengemas produk farmasi seperti tablet, kapsul, dan produk sejenis lainnya.

Penggunaan packaging disposable dalam industri farmasi telah menjadi pilihan yang semakin diperhatikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam distribusi dan penggunaan produk, tetapi juga membawa sejumlah manfaat signifikan dalam berbagai aspek.

Manfaat Menggunakan Kemasan Sekali Pakai untuk Produk Farmasi

Kemasan disposable paling sering digunakan untuk produk-produk sediaan farmasi. Hal tersebut pastinya memiliki alasan tersendiri, mengapa apotek maupun toko obat memilih memakai kemasan yang hanya sekali pakai saja. 

Terlepas dari masalah sampah yang muncul, namun kemasan disposable dianggap bisa memberikan manfaat yaitu :

1. Alasan Kesehatan

Penggunaan kemasan sekali pakai semakin meningkat saat pandemi Covid-19 melanda dunia. Kemasan yang dibuang setelah satu kali pakai dianggap lebih higienis dibandingkan dengan kemasan yang digunakan berulang atau dapat diisi ulang.

2. Mencegah Terjadinya Kontaminasi

Mengapa kemasan disposable dianggap lebih bagus untuk kesehatan? Salah satu alasannya yaitu kemasan yang dipakai sekali saja lebih aman dari berbagai kontaminasi, seperti udara, bakteri, virus, debu, kotoran dan lainnya.

3. Nyaman dan Lebih Praktis

Bagi sebagian orang memakai kemasan ini memberikan rasa nyaman kepadanya. Orang tidak perlu repot membawa pulang wadah kotor ataupun mencari air untuk mencucinya, tinggal buang saja setelah isinya habis.

4. Menghemat AirĀ 

Menggunakan kemasan sekali pakai membuat orang tidak perlu repot lagi mencucinya. Ini sangat tepat digunakan oleh orang-orang yang di tempatnya sulit air atau ketika berpergian ke luar kota. Hal ini sangat praktis, terutama bagi mereka yang berada di lokasi dengan keterbatasan air atau sedang bepergian ke luar kota.

Tidak semua tempat menyediakan akses mudah ke air bersih untuk membersihkan wadah, terutama jika wadah tersebut digunakan untuk menyimpan obat-obatan yang memerlukan kebersihan ekstra. Dengan demikian, penggunaan kemasan disposable dapat membantu menghemat penggunaan air.

5. Sesuai Fungsi Produk

Beberapa jenis produk farmasi memerlukan penggunaan kemasan disposable untuk menjaga kualitasnya. Sebagai contoh, produk seperti perban dan jarum suntik seharusnya tidak digunakan berulang kali demi menjaga kebersihan dan keamanannya. 

Nah, jadi menggunakan kemasan sekali pakai pada produk-produk farmasi bertujuan utama untuk mencegah kontaminasi dan terjadinya penyebaran penyakit. Sebagian besar alat medis dan produk farmasi memang paling efektif ketika menggunakan kemasan disposable.Untuk mendapatkan informasi terbaru dalam industri kemasan, serta solusi kemasan yang inovatif untuk berbagai kebutuhan, Anda dapat mengunjungi situs resmi DermaPACK.

Recommended Posts